DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Selasa, Desember 25, 2007

Pengganti Mouse pada Notebook

Wicaksono Hidayat - detikinet
Surabaya - Saya sudah terbiasa menggunakan mouse. Di laptop yang saya beli, tidak ada mousenya. Apakah mouse bias digunakan dilaptop?
- ir. Suhariman, Surabaya –
Jawaban:
Pak suhariman, perangkat mouse tentunya bias digunakan pada laptop atau notebook Anda. Kebanyakan mouse saat ini terhubung melalui port USB, jadi saat menggunakan Anda cukup ‘colok’ dan ‘pakai’ alias ‘plug and play’.
Meski mudah, penggunaan mouse pada notebook bias menyulitkan. Terutama jika Anda kerap menggunakan notebook di perjalanan atau ditempat umum.

Alasannya?

1. Mouse membutuhkan permukaan untuk berfungsi dan hal itu tidak sesalu tersedia di tempat
Anda menggunakan notebook.
2. Anda harus berurusan dengan kabel mouse yang bias merepotkan, kecuali Anda
menggunakan mouse nirkabel.
Alternatif penganti mouse pada notebook ada tiga;
1. Tombol kecil di tengah-tengah keyboard. Bagaikan joystick kecil, Anda biasa menggunakannya dengan menekan dan mengarahkannya. Butuh waktu agak lama untuk terbiasa memakai ‘joystick’ ini, namun sebenarnya pengunaan perangkat ini tidak sesulit penampakannya.
2. Trackball yaitu sebuah bola yang biasa diputar-putar yang biasanya terbenam didekat keyboard. Bola itu biasa diputar-putar ke segala arah sesuai gerakan yang kita inginkan. Semakin cepat putaran, semakin cepat juga gerakan cursor di layar. Tekan bola untuk melakukan klik.
3. Touchpad yaitu perangkat yang kelihatannya hanya berupa kotak persegi didekat keyboard ini, mendeteksi gerakan jari pada permukaan perangkat ini.
Agar tidak terlalu tergantung pada perangkat penunjuk seperti mouse Anda bias mencoba mempelajari tombol singkat alias ‘shortcut’ untuk fungsi yang paling sering digunakan pada system operasi yang Anda gunakan. Hal ini juga meningkatkan produktifitas Anda.

0 komentar:

sky-mails.net