DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Rabu, Desember 12, 2007

Laptopisme Untung dan Ruginya

Apa bedanya notebook dan laptop? sekedar bedanya istilah atau ada ketidaksamaan prinsipil? Keduanya mengacu pada barang yang sama, sebuah komputer portabel yang dapat dijinjing kesana-kemari lantaran bentuknya yang kompak dan ringan. Sebagian orang lebih senang memakai istilah laptop, sebagian orang yang lain sebaliknya, semua dengan alasan masing-masing. Disini, kedua istilah itu dipakai secara bergantian.

Harga notebook gres terus melorot seiring kemampuannya yang meningkat. Fasilitas dan kelengkapannya juga terus mengekor apa yang disandang oleh komputer desktop. Ringkasannya, notebook generasi teranyar menawarkan kemampuan yang jauh lebih tinggi dibandingkan harga bandrolnya. Sebuah komputer desktop dibandingkan notebook juga terus mendekati keseimbangan ideal, meski tidak akan mencapai harga sama persis.

Kalau begitu faktanya, apa untungnya menggunakan laptop? Apa pula ruginya?


Keuntungannya bekerja dengan laptop diantaranya yaitu ;

1. Bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. karena laptop adalah komputer yang ringan untuk dijinjing, enteng digendong.

2. Bisa untuk banyak kegunaan. Laptop tidak hanya berfungsi sebagai komputer jinjing saja melainkan bisa menjadi pemandu kita, contohnya : laptop dapat dijadi sebagai peta digital yang fleksibel, bisa dijadikan sarana untuk menonton video, mendengarkan music, dan yang lebih penting lagi dapat melakukan komunikasi jarak jauh seperti halnya komunikasi dengan Voice Over Internet Protocol (VOIP).

3. Cocok untuk yang sering berpindah meja kerja/tempat.

4. Ringkas dan mungil.

5. Bekerja tidak tergantung listrik.

6. Penggunaanya lebih produktif.

7. Lebih sehat. Mengapa? Layar display pada laptop tidak memancarkan radiasi sebagaimana layar monitor tabung pada komputer desktop. Perlu anda ketahui radiasi monitor tabung (Cathode Ray Tube,CRT) dalam kurun waktu yang lama dapat berdampak negatif terhadap kesehatan kita.

8. Lebih hemat energi. Karena apa? Karena daya listrik yang dikonsumsi laptop lebih sedikit dibandingkan komputer desktop.

9. Listrik sering mati? Tak masalah! Apalagi jika listrik dirumah kita sedang padam, kita masih bisa memanfaatkan laptop. Dibandingkan dengan PC yang sangat tergantung pada daya listrik.

10. Desain dan fungsi terintegrasi. Laptop didesain menyatu. Komponennya terlindungi secara baik dengan memperhatikan beberapa factor.


Kerugiannnya bekerja dengan laptop ;

1. Harus berkompromi dengan banyak hal. Notebook adalah kompromi antara fleksibilitas dan keterbatasan performa. Bila kita ingin bekerja dengan notebook yang layarnya lebih luas, kita harus bersedia menjinjing laptop yang lebih berat.

2. Lebih mahal. Karena jelas kita harus mengeluarkan biaya yang mahal/lebih banyak dibandingkan dengan membeli komputer desktop. Apalagi kita menghendaki laptop yang memiliki spesifikasi persisi seperti komputer desktop.

3. Harus lebih waspada. karena harganya mahal, ia menjadi incaran penjahat. Menentengnya kemana-mana membutuhkan kewaspadaan ekstra.

4. Lebih rentan dan ringkih. Untuk dapat mendapatkan laptop yang enteng, setiap komponen laptop dibuat lebih kecil dan ringan. Bahannya pun dibuat secara berbeda-beda dan campuran yang berbeda.

5. Lebih rumit perawatannya. kerena bentuknya yang menyatu dan komponennya yang lebih “halus”, laptop (notebook) memerlukan perawatan ekstra dan pengoperasiannya penuh hati-hati.

6. Perlu back-up data secara rutin. karena rawan kerusakan atau pencurian, sehingga kita perlu melakukan backup data.

7. Bila rusak, ongkos reparasinya lebih mahal. tentu amat baik bila anda menguasai teknik reparasi komputer desktop. Tetapi mereparasi sebuah laptop adalah perkara yang tidak hanya memerlukan keahlian, tetapi juga peralatn yang memadai dan tidak murah.

8. Ukuran keyboardnya lebih kecil. Berbeda dengan layout keyboard komputer desktop, keyboard pada laptop didesain lebih kecil dan lembut.

9. Performa lebih lambat. Dibandingkan dengan komputer desktop yang memiliki kecepatan prosesor sama, performa laptop tetap tidak sekencang komputer desktop. Karena apa? Karena komponen yang dipakai berbeda dan daya setiap komponen yang dipasang mempunyai ketahanan yang berbeda pula.

10. Upgrade lebih sulit. Meskipun beberapa merek laptop menawarkan kemampuan upgrade prosesor dan memori, umumnya ia merupakan satu system yang sudah dipatenkan. Beberapa diantaranya yaitu memasang mati prosesor dan motherboard.

11. Penambahan komponen sulit dilakukan. pada komputer desktop, kita bisa saja membeli komputer tanpa dilengkapi kartu suara atau kartu jaringan atau modem. Tetapi pada laptop sulit. Karena vendor telah memasang secara terintegrasi, dipatenkan.

0 komentar:

sky-mails.net