DonkeyMails.com: No Minimum Payout

Rabu, Desember 12, 2007

Memilih Laptop (Notebook)




Siapakah anda dan apa kebutuhannya?



Dari begitu banyak profesi dan beragamnya kebiasaan berkomputer, pengelompokan atas nama pengguna notebook tetap dapat bisa dilakukan pengelompokan ini sendiri berguna untuk membantu calon konsumen atau konsumen seperti anda menemukan ketepatan dalam memilih jenis atau model laptop yang akan digunakan. Berikut ini adalah berbagai tipe pengguna notebook yang umumnya digunakan para vendor untuk memilah-milah segmen, diantaranya yaitu ;

1. Home User. Pengguna rumahan ini biasanya memposisikan laptop sebagai komputer keduanya atau ketiga. Biasanya pengguna ini difungsikan sebagai peranti yang digunakan untuk menunjang kegiatan komputer yang memerlukan kegesitan berpindah-pindah dari satu ruang ke ruang lainnya didalam maupun diluar rumah.

2. Pelajar/Mahasiswa. Pengguna pada kalangan ini biasanya memiliki keterbatasan pada hal dana, tetapi mempunyai keinginan komputer yang benar-benar bertenaga. Mereka memiliki keterampilan mengoperasikan atau menggunakan komputer di atas rata-rata pengguna golongan lainnya. Mereka dinamis, bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, didalam dan diluar ruangan, dan sangat intensif dalam hal penggunaan laptop. Umumnya, digunakan sebagai penunjang kegiatan akademis dan memiliki media hiburan. Model laptop yang digemari umumnya adalah yang ringan, tidak mahal, dan memiliki media penyimpanan yang praktis seperti tas berbentuk ransel/backpack. Model/bentuk dan warna sering menjadi pertimbangan, terutama mereka yang memiliki minat/studi berhubungan dengan komputer atau teknologi informasi.

3. Pelancong rutin/pekerja dinamis. Mereka adalah para pekerja yang banyak menghabiskan waktu di perjalanan, sering berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya secara cepat, dan selama berpergian tidak ingin kehilangan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Pilihan untuk mereka biasanya laptop yang bentuknya kecil, ringan, dan memiliki tas ransel maupun eksekutif, serta memiliki koneksitifitas/interface dengan perangkat lainnya yang lengkap. Pelancong rutin memerlukan sebuah komputer yang performanya tidak harus selalu terbaik dikelasnya melainkan memiliki jaminan ketangguhan dan portabilitas.

4. Power User. Ini adalah jenis pengguna yang selalu bekerja dengan laptop baik dikantor, dirumah, diperjalanan. Mereka juga lebih memilih satu peranti yang benar-benar dan bisa menggantikan fungsi komputer desktop, ketimbang harus merawat beberapa komputer yang spesifikasinya tanggung. Karena intensifnya menggunakan laptop, umumnya mereka lebih memilih peranti yang memiliki performa tinggi, bersedia berkompromi terhadap bobot laptop yang agak berat, dan cendrung menggunakan aplikasi komputer yang sangat banyak jangkaunya, mulai dari aplikasi office, Internet, database, keuangan, grafik, dan semacamnya.

5. Pekerja grafis dan multimedia. Para pengguna jenis ini adalah mereka yang mendewakan penampilan layar yang lembut aduhai dan layar yang lebar, setidaknya tidak terlalu berbeda jauh dengan layar komputer desktop. Karena pekerjaan mereka menuntut kejelian dan ketelitian dalam hal warna dan detail-detail elemen, para pengguna dari golongan ini juga menuntut adanya kartu grafis yang bisa menjawab tuntutan mereka. Dari sisi performa, mereka juga memerlukan laptop yang powerfull, memori yang cukup besar, dan ruang simpan yang besar pula dan memiliki DVD writer sebagai media menulis data pada kepingan CD.

Pada golongan yang saya jelaskan diatas, tidak menutup kemungkinan bersifiat rigid atau kaku dan bisa saling overlap pada beberapa kasus. Artinya, tidak mesti bahwa seorang pelajar/mahasiswa tidak berkemungkinan sekaligus merupakan penggemar aplikasi aplikasi grafis dan multimedia atau pengguna power user. Bahkan para pelancong rutin bisa juga merupakan seorang power user.


0 komentar:

sky-mails.net